Kain Katun hingga Sarung Bantal, Masker Kain untuk Corona

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 sangat luas dan cepat. Saat ini Indonesia telah mencapai angka lebih dari 3000 kasus warganya yang terkena Covid-19. Karena penularan yanng sangat cepat ini, pemerintah telah mewajibkan seluruh warga untuk memakai masker wajah. Dengan memakai masker wajah, warga yang sehat akan terhindar dari mereka yang sakit. Ini juga merupakan metode agar tidak terkena droplet virus dari penderita. Dan karena stok masker yang terbatas, warga bisa menggunakan masker kain untuk Corona.

Meskipun pemerintah telah mewajibkan warga untuk memakai masker wajah, kebijakan physical distancing dan social distancing masih tetap berlaku. Kebijakan lama dan baru saling melengkapi untuk melindungi diri dari virus. Kebijakan-kebijakan tersebut diupayakan akan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19. Jika tertarik untuk memakai masker kain untuk melindungi diri dari Corona, Anda bisa mendapatkannya di pedagang kaki lima. Tapi ingat, pilihlah masker kain yang menggunakan bahan terbaik.

Jika bingung dan khawatir tentang masker kain di luar sana yang kurang terjamin, maka buatlah sendiri di rumah. Bahan-bahan kain rumah tangga merupakan bahan yang hampir semuanya bisa digunakan untuk masker. Barang yang tampak sepele tersebut ternyata sangat berguna di situasi genting seperti saat ini. Kain apa sajakah itu yang bisa dijadikan masker kain untuk terlindung dari Corona?

Reusable Mouth Mask – Trazoshop

Kain Terbaik Masker Kain untuk Corona

Ada sebuah eksperimen yang dilakukan oleh para ahli di Cambridge University. Mereka melakukan eksperimen terhadap bahan-bahan kain rumah tangga yang biasa digunakan sehari-hari. Ada kain vacum cleaner, kain lap piring, kaos katun, kain katun campuran, kain katun tanpa campuran, sarung bantal dan lain-lain. Semua bahan kain rumah tangga tersebut diuji dalam menangkap partikel mikron dari ukuran 1 mikron hingga 0.02 mikron.

Pengujian berhasil menunjukkan kemampuan bahan-bahan tersebut dalam menangkal virus dan bakteri. Untuk ukuran virus Corona, yakni 0.2 mikron, bahan-bahan kain rumah tangga mampu menangkap hingga 50 persen partikel mikron. Kecuali pada syal, bahan ini hanya mampu menangkap partikel 0.2 mikron hingga 49 persen saja. Dan dari semua jenis kain tersebut, kain katun dan sarung bantal merupakan pilihan terbaik yang bisa dijadikan masker kain untuk Corona. Alasannya karena lebih aman dan nyaman digunakan.

Dalam membuat masker kain, kita juga harus memerhatikan kenyamanan dan keamanan saat  pemakaian. Pada saat waktu pemakaian lama, masker kain yang dipakai tidak menyakiti wajah. Sehingga wajah akan aman dari iritasi dan infeksi. Ada dua jenis kain katun yang bisa dijadikan sebagai masker. Jenis kain katun tersebut adalah kain katun tanpa campuran dan kain katun yang telah mengalami pencampuran. Kedua bahan ini mampu menanngkap partikel 0.02 mikron hingga 50 persen tanpa menghilangkan kenyamanan pemakaian. Sarung bantal pun sama. Bahan ini juga bisa digunakan untuk waktu yang lama sebagai masker kain.

Kualitas Jahitan Demi Kenyamanan

Karena masker bedah atau N95 tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum, maka alternatif yang bisa digunakan adalah masker kain. Tentunya kain yang digunakan haruslah nyaman, aman dan memiliki kemampuan menangkal virus dan bakteri yang efektif dan efisien. Selain memilih bahan kain yang baik, Anda juga perlu memerhatikan jahitan pada masker.

Terkadang, beberapa jahitan pada pakaian terasa tidak nyaman dan mengganggu kulit. Kulit bisa mengalami iritasi seperti gatal apabila jahitannya tidak rapi. Hal ini juga berlaku pada jahitan masker kain. Maka dari itu, carilah masker kain untuk Corona dengan jahitan yang rapi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top