8 Khasiat Kurma Ajwa Bagi Tubuh

Kurma ajwah atau yang biasa disebut kurma nabi ini menjadi salah satu buah yang sangat disukai Rasulullah SAW. Di dalam islam, buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu pembuka saat berbuka puasa dan menu pengakhir saat sahur. Kandungan nutrisinya yang melimpah membuat kurma nabi sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain itu, kurma ini juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Lalu, apa khasiat kurma ajwa bagi tubuh?

Berbeda dari jenis kurma lainnya, kurma ajwah memiliki tekstur yang lembut dan kering. Bentuk dari kurma ini sedikit oval dan memanjang, dagingnya bulat tebal dan berwarna kehitaman apabila sudah matang. Buah ini banyak tumbuh di daerah Madinah. Di Indonesia kurma ajwah memang memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kurma-kurma lainnya. Namun hal itu bukan tanpa alasan karena kurma ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Berikut 8 khasiat buah kurma ajwah bagi tubuh manusia:

Ajwa dates-madina

1.     Melancarkan Pencernaan

Salah satu khasiat kurma ajwah yang baik untuk tubuh adalah mampu melancarkan pencernaan. Diketahui kurma ini mengandung potasium yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh, memperkuat otot tubuh, menurunkan tingkat stres, dan lain-lain.

2.     Memperkuat Tulang

Khasiat kurma nabi berikutnya adalah untuk memperkuat tulang. Memasuki usia lanjut biasanya kepadatan tulang mulai berkurang. Hal ini disebabkan tulang tidak memperoleh kalsium yang cukup saat seseorang memasuki usia lanjut. Untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Anda bisa mengkonsumsi kurma nabi setiap hari.

3.     Mengatasi Anemia

Mengkonsumsi kurma nabi setiap hari diyakini mampu mengatasi anemia. Dimana kurma ini tidak mengandung zat yang menimbulkan efek samping bagi tubuh. Kandungan vitaminnya juga sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki riwayat anemia atau kurang darah.

4.     Menjaga Kesehatan Kulit

Kurma ajwah mengandung vitamin C dan D yang cukup tinggi. Dimana vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kenyal  dan lembut. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma nabi, maka Anda bisa terhindar dari masalah kulit.

5.     Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan jika seseorang rutin mengkonsumsi kurma, maka dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Dimana kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat untuk mengangkat penumpukan kolestrol dari sel-sel arteri, mencegah arteri menjadi keras, dan membersihkan plak yang menyumbat jantung.

6.     Memenuhi Nutrisi Bagi Tubuh

Tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk meningkatkan stamina. Dimana kurma ajwah memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi kurma nabi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

7.     Membantu Meningkatkan Libido

Bagi Anda yang memiliki tingkat libido rendah, kurma ajwah menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dimana mengkonsumsi buah kurma dapat meningkatkan libido atau gairah sex seseorang. Sangat baik dikonsumsi untuk pasangan suami istri.

8.     Bermanfaat Bagi Ibu Menyesui dan Anak-Anak

Buah kurma ajwah mengandung banyak nutrisi, vitamin, kalsium, dan zat besi. Dimana semua kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui atau anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Para ibu dapat mengkonsumsi kurma ajwah secara rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan bayi yang mereka susui.

Itulah sederet khasiat kurma ajwa bagi tubuh yang sangat luar biasa. Kurma ini menjadi salah satu buah yang disukai nabi SAW karena memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top