4 Jenis Busana Muslim Wanita

Ada banyak jenis busana muslim wanita yang bisa Anda kenakan di berbagai acara. Anda bisa menggunakan busana muslim wanita untuk acara kasual, formal, semi formal atau non formal. Setiap desain dan model busana muslim wanita juga sangat beragam. Tidak hanya modelnya, jenisnya juga berbeda-beda. Anda perlu tahu apa perbedaan di antara jenis busana muslim wanita tersebut.

Jika Anda ingin tahu apa saja jenis busana muslim wanita terkini dan modis tanpa menghilangkan jiwa muslimah, simak yang ada di bawah ini. Berikut ini ada 4 jenis busana muslim wanita yang OOTD banget. Anda bisa mencobanya segera untuk tampil cantik dan menarik. Adapun 4 jenis busana muslim wanita tersebut adalah di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Tunik

TUNIK DZUVIA KANCING HIDUP SYARI MOSCREPE PREMIUM | Shopee Indonesia

Tentunya Anda sudah tidak asing denga tunik. Tunik merupakan jenis busana muslim wanita yang banyak digunakan di berbagai aktivitas sehari-hari. Jenis busana ini juga biasa dipakai untuk aktivitas kampus dan kerja. Tunik memiliki desain bentuk yang lebih simpel daripada dress. Desainnya lebih mirip seperti blouse. Dan sesuai dengan namanya, tunik merupakan kata yang berasal dari tunic dalam baha Inggris yang artinya jubah atau pakaian longgar. Sehingga jenis busana ini identik dengan busana yang ukurannya panjang. Pada umumnya, desain ukuran tunik mencapai lutut yang berbeda dengan blouse yang hanya sampai pinggang.

  1. Abaya

New Abaya Gamis Maxi Dress Arab Saudi Bordir Zephy Turki Umroh ...

Abaya sangat populer di kalangan anak muda. Busana muslim wanita ini persis seperti dress. Meskipun begitu, ternyata abaya berbeda dengan dress lho. Abaya ternyata adalah busana khas wanita muslimah dari Timur Tengah yang umum disebut gamis Arab. Karena budaya Timur Tengah yang cenderung konservatif, abaya dihadirkan dalam bentuk desain yang simpel disertai bordir atau manik-manik sederhana sebagai hiasannya. Selain itu, abaya lebih identik dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu.

  1. Gamis

Gamis Narisa– Elzatta Hijab Official

Semua wanita terutama muslimah pasti tahu gamis. Ini adalah jenis busana muslim wanita yang bentuk dan modelnya sangat mirip dengan abaya. Meskipun mirip, ada beberapa ciri dasar yang menujukkan gamis dan abaya berbeda. Istilah gamis berasal dari bahasa Arab qomish, artinya pakaian terusan dengan panjang hingga mata kaki. Sementara itu, abaya lebih konservatif dan simpel. Selain yang telah disebutkan, gamis memiliki desain, warna dan model yang lebih modern dan variatif dibandingkan abaya.

  1. Kaftan

Kaftan Off White Kaftan Maxi Dress Handmade Loose fitting | Etsy

Jika gamis dan abaya sangat identik, maka berbeda dengan kaftan. Jenis busana muslim wanita ini  sedikit lebih mudah dibedakan. Hal ini karena kaftan memiliki karakteristik khusus yang tidak bisa ditemukan pada jenis busana muslim wanita lainnya. Meski sama-sama berbentuk dress dan panjangnya hingga mata kaki, busana kaftan memiliki ciri khas pada potongan lengan yang berbentuk kelelawar atau batwing atau loose tanpa titik bahu. Awalnya, kaftan dirancang dari kain tipis sejenis sifon. Kemudian berubah dan terbuat dari kaus, katun, satin, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali busana muslim wanita yang menarik dan indah. Bahkan banyak di antaranya yang bisa membuat Anda tampil elegan dan mewah. Hal ini tergantung paduan model dan warna yang dikombinasikan.

Nah, itu adalah 4 busana muslim wanita yang saat ini masih trending dan banyak diminati para hijaber Indonesia. Tidak hanya yang berasal dari Indonesia, keempat busana muslim wanita itu juga menjadi busana trending hijabers dunia. Dengan padu padan busana yang pas, Anda akan terlihat sempurna dengan balutan hijab yang syar’i dan feminim.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top