Rekomendasi Jenis Bahan yang Digunakan untuk Membuat Baju Gamis

Apa saja jenis bahan yang digunakan untuk membuat baju gamis? Jenis bahan adalah unsur yang menjadi titik perhatian para pegiat fashion busana muslim. Hal tersebut karena kenyamanan dan kualitas gamis sangat ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan.

Sehingga pantas saja jika bahan gamis selalu menjadi penentu utama sebelum memutuskan untuk membelinya. Jenis bahan gamis yang ideal haruslah memiliki beberapa karakter seperti bahan tebal dan tidak terawang, kain halus dan adem dikenakan, kain juga tidak mudah kusut dan berkarakter jatuh sehingga terkesan cantik saat digunakan. Lalu apa saja bahan untuk pakaian yang masuk dalam kategori tersebut? Berikut daftar jenis bahan untuk membuat gamis.

Kain SutraKain Sutra

  1. Kain Sutra

Bahan sutra merupakan kain high quality yang sangat istimewa berkelas. Kain ini sangat umum digunakan pada berbagai jenis pakaian formal termasuk gamis. Bahannya yang super lembut, halus dan adem membuat Anda merasa nyaman mengenakannya.

Selain itu sutra juga mampu memancarkan kesan elegan nan classy yang sangat serasi digunakan untuk acara resmi maupun santai. Namun Anda perlu memperhatikan cara perawatan yang tepat untuk bahan yang cukup mahal ini. Karena cara perawatan yang kurang tepat justru dapat membuat serat kain menjadi rusak.

2. Kain Katun

Jenis bahan katun adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian gamis. Hal ini karena katun memiliki harga yang relatif murah dengan berbagai motif dan grade yang beragam sesuai kelasnya. Karakteristik lain dari jenis bahan yang digunakan untuk membuat baju gamis ini adalah kainnya yang adem dan mampu menyerap keringat sehingga tetap nyaman digunakan meski saat cuaca panas.

Selain itu kain katun cenderung lebih mudah dirawat sehingga minim terjadi resiko kerusakan serat kain pada proses perawatannya. Meski kain katun sendiri terdiri atas beberapa klasifikasi grade-nya namun pada dasarnya semua memiliki based yang sama yakni cotton.

3. Kain Wolfis

Kain wolfis adalah salah satu jenis kain yang juga banyak digunakan untuk membuat gamis. Kain wolfis memiliki karakteristik bahan yang halus, tebal, tidak terawang, jatuh dan tidak mudah kusut sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan baju gamis. Seperti halnya beberapa jenis kain yang memiliki grade kelasnya, wolfis juga terdiri dari berbagai grade sesuai kualitasnya.

Antara grade satu dengan yang lain dibedakan oleh struktur serat kain, ketebalan dan tentunya harga kain tersebut. Selain itu ada pula bahan wolfis yang memiliki karakter motif emboss atau terlihat berpola pada bagian lapisan kain terluarnya.

4. Kain Rayon

Pada beberapa jenis baju gamis ada pula yang menggunakan bahan dasar susunannya yaitu kain rayon. Kain rayon adalah bahan kain yang dibuat berdasarkan struktur serat sintetis. Sedangkan serat sintetis sendiri merupakan serat sutra tiruan yang memiliki harga lebih ekonomis namun dengan kualitas bahan yang cukup halus.

Kain rayon memiliki karakteristik bahan yang adem, lembut dan sangat nyaman digunakan pada panas maupun untuk pemakaian dalam waktu lama. Namun kain rayon perlu dirawat dengan kehati-hatian karena serat kainnya yang rawan rusak.

5. Kain Balotelli

Kain berjenis balotelli menjadi sangat populer dalam industri pembuatan baju gamis. Hal ini karena balotelli memiliki sifat yang sangat sesuai dengan karakteristik baju gamis yang ideal yakni, tekstur kain rapat dan halus sehingga tidak terawang, tebal namun tidak berat dan bahannya pun tidak mudah kusut. Sehingga sangat cocok sebagai jenis bahan yang digunakan untuk baju gamis. Kelebihan lain dari bahan balotelli adalah harganya yang ekonomis.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top