4 Istilah Busana Muslim Yang Perlu Diketahui

Indonesia yang berpenduduk mayoritas beragama muslim menjadikan negara tersebut memiliki banyak istilah yang digunakan untuk busana muslim yang akan dikenakan. Saking banyaknya sehingga membuat kamu seringkali salah dalam menyebut busana muslim yang dimaksud, dan bahkan terkadang ada juga yang sampai salah membeli baju juga. Supaya tidak keliru dan salah dalam memilih baju muslim, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu istilah istilah baju muslim yang memang akrab di telinga.

Berikut dibawah ini beberapa istilah busana muslim yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

Jual Trendy SIMPLE GAMIS KAFTAN IKAT POLOS QORINA ARMY DRESS ...

  1. Kaftan

Kaftan adalah jenis pakaian yang terlihat seperti jubbah dengan hiasan renda pada bagian sisi sisinya dan juga pada bagian lehernya. Pakaian muslim ini memiliki ciri khas melebar pada bagian lengannya seperti sayap kelelawar yang memanjang menutup lengan tanpa jahitan. Kaftan ini bisa digunakan saat akan menghadiri acara formal ataupun non formal misalnya pengajian ataupun menghadiri acara pernikahan.

Kaftan pada awalnya didesain bagi kaum laki laki untuk melindungi tubuh dalam beraktivitas sehari hari. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, pakaian ini juga melengkapi tren fashion kaum wanita. Setelah itu kaftan diciptakan dengan desain yang simple dan hanya menerapkan satu warna dan desain yang monoton. Kemudian kaftan dikembangkan dengan menerapkan hiasan renda dan juga bunga bunga.

  1. Abaya

Abaya adalah busana muslim yang sering dipakai untuk menghadiri acara acara tertentu misalnya saja pengajian, puasa, dan lebaran. Abaya memiliki desain yang relatif ramping dibandingkan dengan kaftan. Kaftan hadir dalam dua model yaitu A-Line dan Umbrella Line. Hitam merupakan warna khas dari abaya.

Abaya ini awal mulanya itu hadir dengan model yang sangat simple dengan siluet lurus dan didesain dalam warna hitam, tanpa renda, tanpa payet, tanpa border, dan tanpa motif. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, abaya ini memiliki desain yang sangat beragam dengan tidak merubah ciri khas dari abaya itu sendiri dengan menambahkan aksen renda, motif, dan payet.

  1. Gamis

Gamis adalah busana muslim yang dipakai oleh wanita ataupun pria dengan model lurus mulai dari pundak hingga kaki. Busana muslim ini memiliki ciri khas panjang dan longgar. Gamis ini hadir dalam beragam warna dan model dengan tidak menghilangkan ciri khasnya. Gamis terbuat dari beragam bahan kain seperti katun, sifon, balotelli, wollycrepe, dan lainnya.

Asalnya gamis yang dalam bahasa Arab ini disebut dengan Qhamis atau berarti pakaian. Gamis ini di Indonesia berupa baju panjang dan longgar. Pakaian gamis ini memiliki warna dan model yang beragam tanpa menghilangkan ciri khasnya. Gamis terbuat dari beragam bahan kain seperti katin, sifon, balotelli, wollycrepe, dan lainnya.

  1. Tunik

Tunik adalah busana muslim yang biasanya dipakai oleh wanita dengan model longgar yang panjangnya hingga pinggul atau sampai diatas lutut. Tunik adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu tunic atau pakaian longgar. Pakaian ini awalnya dipakai oleh masyarakat Yunani Kuno. Zaman dulu tunik memiliki model satu warna yang ditambah dengan aksesoris ikat pinggang khas bangsa Romawi Kuno. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, jenis pakaian yang satu ini dapat menghasilkan banyak model dan banyak digemari oleh kaum hawa. Sekarang ini ada beragam jenis model tunik yang hadir seperti model polos, tunik peplum, tunik motif, tunik vest, dan tunik asimetris.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top