Mengenal Thobes Gamis Putih Panjang Di Beberapa Negara Timur Tengah

Pastinya setiap negara memiliki busana khasnya sendiri sendiri, dan termasuk juga di beberapa negara Arab. Pastinya kamu sudah mengetahui bahwa pria di negara Timur Tengah termasuk Raja Salman, Raja Arab Saudi, seringkali terlihat memakai gamis panjang berwarna putih yang dipakainya untuk beraktivitas lengkap dengan penutup kepalanya.

Gamis putih panjang tersebut disebut dengan thobes yang merupakan pakaian di beberapa negara Timur Tengah mulai dari Arab Saudi, Maroko, hingga Oman. Penyebutan thobes ini disetiap negara berbeda beda. Sebagai contohnya saja di Oman disebut dengan nama dishdasha, Di UAE disebut dengan kandoorah, dan di Mesir disebut dengan galabeyya. Biasanya busana yang menjadi item utama pria di Arab ini dipakai dengan celana panjang longgar putih yang disebut dengan sirwal.

Jika dilihat sepintas pakaian pria thobes ini memiliki banyak persamaan dengan jubba atau galabiya, kemungkinannya yang membuatnya berbeda beda adalah hanya karena permasalahan nama dan asal daerahnya saja. Thobes yang ada di Timur Tengah secara umum kebanyakannya dibuat dengan panjang hingga mata kaki dan juga menutupi semua sisi badannya. Sedangkan dari sisi warna dan juga motifnya lebih terkesan netral, dimana tidak terlalu banyak ornament dan identik dengan karakter beberapa orang dari Timur Tengah.

10 Contoh Inspirasi Baju Gamis Warna Putih Yang Cantik - Besok Sukses

Sebenarnya thobes yang ada disetiap negara itu memiliki ciri khas sendiri. Jika biasanya pakaian panjang yang bernama thobes ini di negara timur tengah atau negara lainnya itu terkadang tidak berkerah atau dikancing, maka biasanya thobes yang ada di Arab Saudi dilengkapi dengan dua atau tiga buah kancing hingga kerah pakaian.

Biasnya saat musim panas datang, para pria Arab akan memakai thobes berwarna putih. Tetapi saat datangnya musim dingin, maka mereka akan mulai mengganti warna thobes yang dipakainya dengan beberapa warna yang lebih gelap seperti hitam, biru donker, cokelat tua, dan yang lainnya.

2 tipe bahan yang dipakai untuk membuat thobes di Arab yang biasanya disesuaikan juga dengan musim di daerah tersebut diantaranya yaitu :

  • Saat musim panas datang biasanya para pria di Arab akan memakai thobes dari bahan yang tidak tebal dan mudah menyerap keringat, sebagai contohnya saja dari kain katun.
  • Sedangkan saat musim dingin datang maka biasanya para pria Arab akan memakai thobes dari bahan yang lebih tebal dan hangat seperti misalnya bahan wool.

Beberapa jenis baju thobes pria di Indonesia sendiri disebut dengan nama gamis. Model baju gamis atau thobes ini dihadirkan tidak hanya untuk orang dewasa saja tetapi juga tersedia untuk anak anak. Berikut dibawah ini rekomendasi beberapa pakaian thobes terbaik yang bisa dipilih seperti :

  1. Jubah pria jubbah koko Al Harbi dewasa Rp. 120.000.
  2. Baju jubbah pria Jubah Arab Saudi gamis jubbah pria Rp. 119.350.
  3. Jubab Arab pria lengan pendek Rp. 148.500.
  4. Jubah pria modern gamis muslim pria jubbah Rp. 119.900.
  5. Jubah pria gamis pria Arab modern Rp. 119.900.
  6. Jubah Timur Tengah pria Mesir Arab Saudi Madinah Mekkah Rp. 305.000.
  7. Jubah ikhwan gamis ikhwan gamis koko pria jubbah Arab – Jubah putih Rp. 120.000.
  8. Gamis Jubah Arab pria biru muda Rp. 165.000.
  9. Jubah pria gamis pria polos jubbah Saudi jubbah Arab Rp. 149.900.
  10. Jubah Pria Mesir Arab Saudia Madinah Mekkah Rp. 305.000.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top