Mengenal Beberapa Istilah Baju Muslim Yang Familiar Untuk Pria

Setiap tahunnya perkembangan busana muslim di Indonesia bisa dibilang semakin pesat. Tidak hanya terbatas pada busana untuk wanita saja, tetapi saat ini pakaian pria juga dari segi desain dan variasinya memiliki banyak kemajuan. Dan bahkan beberapanya mendapat pengaruh dari budaya negara lain. Kemungkinannya kamu merasa penasaran dan ingin mengetahui istilah istilah atau nama nama yang biasanya digunakan untuk menyebutkan busana muslim pria yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia kan?

Daripada penasaran, berikut dibawah ini adanya penjelasan tentang beberapa istilah baju muslim pria yang familiar digunakan oleh pria muslim di tanah air diantaranya yaitu :

Hemant Sherwani

Source by anitadongre.com

  1. Sherwani

Sherwani adalah pakaian adat bangsawan muslim di India dan di negara tentangganya Pakistan. Di Pakistan sendiri, Sherwani ini biasanya digunakan oleh para aristocrat, bangsawan dan keturunnya, raja, dan juga sultan. Pakaian ini di negara asalnya seringkali dijadikan sebagai lambang dari kemewahan dan strata sosial. Umumnya Sherwani dibuat dengan ukuran panjang hingga ke bawah lutut, dengan motifnya yang sangat detail dan dapat memberikan kesan sangat mewah. Pakaian dengan karakteristik mewah ini pastinya sangat cocok digunakan saat akan menghadiri acara formal seperti acara pernikahan, jamuan, dan pesta lainnya.

  1. Tawb Atau Thobes

Jika dilihat sepintas sebenarnya pakaian Tawb atau Thobes ini memiliki banyak persamaan dengan jubba dan galabiya, mungkin yang membuatnya menjadi berbeda adalah hanya pada permasalan nama dan asal daerahnya saja. Tapi Tawb atau Thobes yang ada di Timur Tengah ini secara umum dibuat dalam model dengan panjangnya hingga mata kaki dan menutupi semua sisi badan. Sedangkan untuk masalah warna dan motif tawb atau thobes lebih terkesan  netral, dimana tidak terlalu banyak ornament serta identik dengan karakter beberapa orang di Timur Tengah.

  1. Sirwal

Sirwal awalnya adalah sejenis celana yang digunakan para pria di negara negara muslim seperti Arab Saudi, Turki, dan beberapa negara muslim lainnya di Timur Tengah. Ciri paling khas dari celana Sirwal ini yang membedakannya dengan model celana lainnya adalah celana sirwal memiliki ukuran yang lebar dengan panjangnya antara betis hingga diatas mata kaki. Sekarang celana Sirwal ini dibuat dalam beragam model menarik yang disesuaikan dengan fungsi dan tujuan penggunaannya.

Biasanya celana Sirwal ini sering dipasangkan dengan tawb atau thobes khas Timur Tengah. Tetapi karena sekarang ini model celana Sirwal itu sudah didesain dalam beragam bentuk dan tampilan sehingga dapat juga digunakan sebagai celana kantor dan bahkan bisa dibuat sebagai dalaman sarung.

  1. Galabiyya

Galabiyya adalah jubbah longgar dari Mesil yang memiliki potongan hampir sama dengan thawb yaitu memanjang hingga mata kaki. Memang bentuknya itu mirip dengan thawb tetapi model pakaian ini sedikit lebih longgar dan dari sisi penampilannya juga lebih simple karena dihiasi dengan detail minimalis. Meski pakaian Galabiyya ini terkesan casual tetapi pada prinsipnya cocok juga digunakan kemanapun dan kapanpun.

  1. Jubbas

Jubbas adalah salah satu busana muslim pria dari Arab yang dibuat dalam model terusan panjang, sama seperti dengan galabiyya. Tetapi yang membuatnya berbeda hanyalah dari segi penyebutannya saja atau istilahnya berbeda. Jubbas dalam bahasa Turki berarti “sepanjang mata kaki”. Sebagai pelengkap gaya busana pria jubbas ini tidak dihadirkan dalam banyak warna dan cenderung lebih polos. Kebanyakannya didominasi dengan warna warna netral seperti abu abu, putih, hitam, serta biru dongkar yang dibuat polos atau tidak bercorak atau tambahan motif.

 

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top