Perkembangan Peci di Indonesia

Peci atau kopiah adalah salah satu ciri khas bahwa pemakaiannya adalah seorang muslim. Penggunaan kopiah itu sendiri telah di sunahkan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga sebagian orang muslim, kita harus ikut menirunya. Tentu pemakaian peci itu sendiri memberikan dampak positif sendiri bagi umat muslim pria yaitu agar rambut terlihat lebih rapih dan tidak mengganggu saat melakukan sholat. Seiring perkembangan zaman, dimana berbagai busana fashion mengalamai perkembangan, tidak ada salahnya untuk memperbarui model kopiah yang kamu gunakan. Hal itu agar membuat penampilan kamu terlihat lebih keren dan stylish. Berikut ini akan membahas beberapa model peci. Diantaranya :

  1. Kopiah atau Songkok

Kopiah atau Songkok hitam yang saat ini di kenal sebagai songkok nasional menjadi populer karena di gunakan oleh presiden Indonesia Pertama, Ir. Soekarno. Pada masa sebelum kemerdekaan, Soekarno menggunakannya sebagai simbol pergerkan melawan penjajah. Pada awalnya, kopiah di perkenalkan oleh pedagang Arab, yang sekaligus membawa agama Islam masuk ke Nusantara. Hal ini membuat umat muslim umumnya menggunakan songkok atau kopiah untuk pakaian sehari-hari dan menjadikan sebagai identitas keagamaan. Meskipun tidak ada larangan non muslim Indonesia untuk menggunakannya, tapi di Indonesia Kopiah atau songkok identik dengan muslim

  1. Kofia

Kofia di kenal juga dengan kopiah atau peci. Tapi, terdapat perbedaan dengan songkok yang telah di jelaskan sebelumnya. Kofia biasanya mempunyai motif dan lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara. Nah Kofia sendiri biasa di gunakan oleh para muslim Afrika Timur seperti Uganda dan Somalia.

  1. Peci Haji

Untuk Anda yang suka model peci yang tidak ribet, peci haji bisa jadi pilihan yang pas. Penamaan peci haji ini sebenarnya di dasari oleh berbagai alasan yang tidak pasti. Ada yang mengatakan peci ini ada saat musim haji, namun ada juga yang mengatakan peci tersebut bertujuan untuk menutupi kepala setelah di cukur habis atau tahullul. Apapun alasannya penamaanya, peci ini sangat nyaman di gunakan karena mempunyai banyak lubang udara. Bukan hanya untuk di pakai saat ibadah saja, peci ini juga cocok untuk digunakan pada saat kegiatan sehari-hari karena bentuknya yang simpel.

  1. Peci Oman Pakistan

Peci Oman Pakistan akan membuat penampilan kamu tampak lebih muda. Hal itu karena warna kopiah yang di milikinya tergolong cerah dan stylish. Cocok banget untuk Anda yang memang lagi mencari model kopiah berbeda dan unik, apalagi untuk para orang tua, rekomendasi peci ini sangat pas untuk menyulap stylenya jadi lebih mudah. Selain memperhatikan pemakaian kopiah, jangan lupa untuk memastikan jika busana muslim Anda memiliki warna yang senada.

  1. Tubeteika

Tubeteika merupakan kopiah khas daerah Uzbekistan. Bentuknya memang mirip peci pada umumnya, tapi mempunyai motif hiasan Uzbekistan dan sedikit mengerucut di bagian atasnya. Tubeteika ini tidak hanya di gunakan oleh pria dewasa, tubeteika juga biasa di gunakan oleh anak-anak.

  1. Peci Mesir Lipat

Nah jika kamu ingin tampil berbeda, peci Mesir lipat ini bisa jadi pilihannya lho. Model peci ini sudah berkembang luas di Indonesia sendiri. bahan peci Mesir ini pun sangat nyaman pada saat di gunakan, kemudian jika kamu menggunakan peci ini bakal banyak mata yang tertuju pada kamu, karena desainnya tergolong unik dan masih ada beberapa orang Indonesia yang masih asing dengan peci model mesir lipat ini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top