Berikut Ini Tips Memilih Peci Yang Benar

Di masyarakat Muslim Indonesia, salah satu item pelengkap ibadah adalah peci hitam. Saat ini peci hitam terdiri dari beranekaragam model, mulai dari peci rajut, pakol, songkok, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa model yang bisa digunakan untuk kegiatan lainnya selain untuk ibadah. Sebelum membeli peci hitam maka sebaiknya anda mengetahui tips-tips nya terlebih dahulu. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang tips memilih peci sebagai berikut ini :

  1. Pilih Berdasarkan Modelnya

Dalam hal ini, ada 3 model peci yang bisa anda pilih.Yang mana, setiap model ini memiliki desain dan bentuk yang berbeda. Adapun 3 model peci hitam tersebut adalah :

  • Peci Songkok

Perlu diketahui bahwa songkok ini merupakan peci yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan Melayu. Pria yang menggunakan songkok ini akan nampak lebih maskulin. Di Indonesia sendiri image songkok warna hitam sangat lekat dengan Presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno yang sangat kharismatik. Selain itu, songkok hitam ini biasanya digunakan untuk acara formal, seperti akad upacara nasional, akda nikah, pengajian, dan lain sebagainya.

  • Peci Mikihat

Mikihat ini merupakan peci dengan model kekiniaan yang didesain  simpel dan trendi. Sehingga tidak aneh kalau peci ini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda. Bahkan, ada beberapa model dengan list kontras yang bisa menambah kesan lebih modis.

  • Peci Pakol/Taliban

Peci Pakol ini merupakan peci ala pria Asia Selatan yang juga digandrungi oleh masyarakat muslim di Indonesia. Bukan hanya berwarna polos, pakol ini juga tersedia dengan aksen bordir bertuliskan huruf Arab. Peci Pakol ini juga sering disebut sebagai peci Taliban karena memang banyak orang Taliban yang menggunakan peci ini.

  1. Lebih Mudah Menyesuaikan Bentuk Kepala Dengan Peci Rajut

Apabila anda ingin memiliki peci yang mudah dibawa kemana-mana maka pilihah peci rajut. Karena peci yang satu ini memiliki bentuk yang minimalis serta mudah dilipat sehingga bisa disimpan di kantong saku anda. Bukan hanya itu, bahan yang digunakan pun biasanya terbilang cukup elastis sehingga bisa disesuaikan dengan bentuk kepala anda. Selain itu, bahan rajut ini cukup hangat sehingga bisa membuat anda hangat saat udara dingin.

  1. Periksa Ukurannya

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih peci adalah ukurannya. Ukuran yang paling penting untuk diperhatikan adalah lingkar kepala. Karena setiap ukuran memiliki lingkar kepala yang berbeda. Biasanya ukuran peci ini dituliskan dengan angka. Ada juga beberapa produk yang memiliki ukuran all size sehingga anda harus mengetahui detail ukurannya.

  1. Perhatikan Detailnya

Perlu diketahui detail pada peci ini bermacam-macam bentuknya, seperti motif, bordir, jaring, dan lain sebagainya. Setiap detail ini memberikan manfaat yang berbeda, Misalnya, dengan detail bordir akan membuat peci napak lebih classy, sedangkan motif batik bisa memberikan kesan tradisional khas Indonesia. Selain itu, ada beberapa model peci yang memiliki detail jaring pada bagian tertentu. Dimana, detail jaring ini berfungsi untuk sirkulasi udara pada peci menjadi semakin baik. Dengan demikian, hal ini akan membuat kepala anda terasa lebih adem dan nyaman walaupun digunakan di cuaca panas sekalipun. Bukan hanya itu, ada juga beberapa peci dengan detail bintik-bintik yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top