Hijab Syar’i vs Hijab Instan

Hijab merupakan busana muslimah terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali wajah, tangan dan kaki. Penggunaan pakaian ini merupakan tuntutan syariat yang mewajibkan para muslimah untuk menutup auratnya.

Di Indonesia sendiri trend penggunaan hijab ini dari waktu ke waktu semakin meningkat dan berkembang pesat. Sehingga tidak aneh jika sekarang ini sering kita jumpai beragam model hijab mulai dari panjangnya yang selutut, sedada bahkan hanya sampai leher saja dengan beragam motif serta warna yang sangat menarik.

Jilbab yang sampai leher ini kebanyakan digunakan oleh para remaja, mahasiswa bahkan ibu-ibu yang ingin tampil modis dan trendy. Padahal, penggunaan hijab ini langsung diperintahkan oleh Allah Subhana Wa Ta’ala, yang semestinya untuk menutup aurat, yakni penggunaan pakaian yang tidak ketat dan transparan yang sesuai dengan syariat, seperti yang terdapat pada firman Allah Subhana Wa Ta’ala berikut ini :

Artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin :”Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (Al Ahzab : 59).

Hijab Instan (Hijab Gaul)

  1. Penggunaan hijab yang tidak menutupi dada
  2. Pakaian yang terlalu ketat dengan memperlihatkan bentuk tubuh
  3. Pakaian asal panjang yang penting menutupi kaki

Hijab Syar’i

  1. Menggunakan jilbab yang panjang dan tebal (tidak tipis dan transparan) sesuai dengan yang ada di dalam Al Quran dan Hadits.
  2. Menggunakan baju gamis atau baju longgar, tidak membentuk lekukan tubuh. Hal ini juga telah dijelaskan di dalam AL Quran dan Hadits.
  3. Hindari penggunaan hijab yang menampakkan rambutnya yang digelungkan saat berhijab, atau menggunakan ciput yang menyerupai gulungan rambut
  4. Menggunakan kaos kaki karena kaki ini termasuk aurat wanita.

Rekomendasi Hijab Syar’i

  1. Hijab Syar’i Hazna

Hijab Syar’i ini memeiliki variasi oversum pada bagian pet, serta kerut pada bagian samping kanan dan kiri kerudung, serta rempel oversum di ujung sekeliling hijab. Hijab ini memiliki panjang depan (dari dagu) sekitar 75-78 cm, dan panjang belakang (dari ujung pet) sekitar 93-95 cm. Hijab Syar’i Hazna ini terdiri dari 10 varian warna yang cantik seperti dusty pink, hitam, hijau mint, biru dongker, krem, ungu tua, tosca, abu tua (on model), putih, dan marun.

  1. Hijab Cadar Niqab Yaman

Hijab cadar ini pada umumnya digunakan oleh kaum muslimah yang ada di Timur Tengah, yang terdapat tali untuk diikatkan ke belakang pada saat akan mengenakannya. Namun ada juga kaum muslimah di Indonesia yang menggunakan hijab cadar. Hijab cadar ini menggunakan bahan sifon hycon yang sangat halus yang bisa memberikan kesan jatuh, tidak panas, serta sangat nyaman untuk bernafas. Hijab cadar ini selain Syar’i, namun tetap cantik dan elegan ketika digunakan. Hijab cadar ini memiliki 5 varian warna pilihan seperti navy, abu tua, coklat tua, marun, dan hitam.

  1. Hijab Syar’i Bergo Lengan Lubnah Jumbo Panjang

Produk ini merupakan hijab syar’i bergo pad lengan jumbo syar’i dengan memiliki variasi berupa kerut di bagian depan di bawah leher, bagian samping lebar, sehingga sangat nyaman dan lebih leluasa untuk bergerak.  Selain itu, hijab ini juga memiliki bagian lengan yang cukup panjang sehingga akan sangat nyaman ketika digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top