Jenis – Jenis Abaya

Sebagai seorang wanita tentu Anda tahukan apa itu abaya? Abaya merupakan salah satu pakaian muslim wanita yang berasal dari daerah Timur Tengah. Abaya sendiri sudah ada sejak 4000 tahun lalu dan menjadi pakaian tradisional bagi kebanyakan muslim wanita disana.

Seiring dengan perkembangan zaman, pakaian ini mulai banyak dikenak di berbagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, termasuk negara Indonesia. Di Indonesia, Abaya menjadi tren pakaian muslim yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Modelnya yang mewah serta menggunakan kain berkualitas membuat pakaian ini sangat laku di pasaran.

Untuk Abaya sendiri kebanyakan menggunakan kain Jet Black. Dimana kain ini memiliki jenis yang berbeda sehingga Abaya pun juga memiliki jenis yang berbeda pula. Apa saja jenis Abaya? Yuk, simak beberapa jenis Abaya yang perlu Anda ketahui berikut ini:

1.     Abaya Maliky

Jenis Abaya Maliky merupakan jenis Abaya yang menggunakan kain dengan karakter doff (matte), lebih pekat, dan memiliki tekstur yang lebih lembut, halus, dan lentur. Dibanding kain Abaya lain, jenis Abaya Maliky memiliki warna hitam yang lebih pekat dan kainnya pun juga lebih dikin ketika digunakan. Cocok sekali digunakan untuk cuaca panas ataupun dingin.

2.     Abaya Nida

Abaya Nida merupakan jenis Abaya yang memiliki tekstur kain lebih lembut dan ringan ketika dipakai. Tekstur kainnya cenderung lebih glamour dan terlihat lebih elegan. Meski lebih tipis, namun jenis kain Abaya ini banyak digunakan oleh butik-butik terkenal. Cocok sekali digunakan di iklim tropis seperti Indonesia.

3.     Abaya Fursan

Abaya Fursan terbuat dari bahan kain Fursan yang memiliki tekstur benang lebih padat, terang, dan halus. Jenis kain ini banyak ditemukan di sekitar Masjid Nabawi dan menjadi salah satu kain yang sering digunakan untuk kelas menengah. Jenis Abaya dari kain Fursa ini memiliki warna hitam yang sedikit berkilau, tidak transparan, dan terkesan jatuh. Bahannya dingin sehingga cocok digunakan di cuaca panas.

4.     Abaya Lexus

Berbeda lagi dengan jenis Abaya Lexus, jenis Abaya ini menggunakan kain Lexus ddengan tekstur yang sedikit lebih ringan, halus, dan dingin ketika digunakan pada cuaca panas. Jenis kain ini terkesan lebih elegan saat digunakan untuk bahan Abaya dan menjadi ciri khas Abaya dari negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Atabia, Bahrain, Kuait, dan Qatar.

Jika dilihat dari teksturnya, kain ini hampir mirip dengan kain woolpeach. Warnanya matte dan tidak terlalu licin. Meski sedikit sulit ditemukan di negara Indonesia, namun jenis Abaya ini bisa menjadi pilihan untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia.

5.     Abaya Hareer

Abaya Hareer atau Abaya Satin Arab atau Abaya Cristal Crepe ini adalah jenis Abaya yang menggunakan kain terbaik, memiliki kesan mewah, dan kebanyakan digunakan untuk jenis Abaya dengan nilai yang lebih tinggi. Jenis kain Abaya ini banyak digunakan di wilayah Arau Saudi dan negara di Timur Tengah lainnya.

Untuk teksturnya sendiri memiliki warna hitam yang lebih pekat, halus, ringan, dan terasa dingin ketika digunakan. Kualitasnya pun juga super sehingga tak heran jika jenis Abaya yang menggunakan kain Hareer dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

Sudah tahukan jenis Abaya apa saja yang bisa Anda temukan? Meskipun pakaian ini berasal dari Timur Tengah, bukan berarti jika Abaya tidak bisa ditemukan di Indonesia. Anda bisa menemukan pakaian muslim ini di berbagai toko pakaian karena keberadaannya sudah sangat booming di masyarakat kita. Semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top